Post Top Ad

I miss this book

Waktu SD dulu di Jakarta, aku punya cukup kenangan di perspustakaannya. Aku & kakakku memang hobi membaca, & hampir setiap tahunnya sering dapet hadiah sebagai pengunjung persputakaan terbanyak hehehehe. Banyak buku kesayangannku yang hampir tiap minggunya aku baca & pinjem. Kebanyakan sih novel karangan luar yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Entah kenapa setiap baca novel karangan orang luar, bawannya beda dengan gaya bahasa penggarang sini. Terutama novel anak-anaknya, terasa imajinatif tapi realistis & selalu detail. Dan ini beberapa buku yang sampai saat ini gak bisa aku temuin dimana-mana. Kalau mungkin di antara kalian ada yang masih nyimpen bukunya, please kasih tahu aku ya. . 

1. Anton dan si Drakula Cilik

Buku ini dikarang oleh Angela Sommer, seorang pengarang dari Belanda. Kayaknya tahun terbit sekitar 1992 deh *aku aja belum lahir*. Penerbitnya Dian Pelangi. Ceritanya ada anak kecil namanya Anton, culun punya & bahkan sering jadi korban bully tetangganya. Saat itulah suatu malam dia bertemu dengan sahabat barunya di basement rumahnya, seorang vampir cilik bernama Rudi. Bahkan si Anton di kenalkan dengan keluarga Rudi yaitu klan Batugoyah dll & dimulailah perjalanan Anton hidup bersama keluarga barunya. Pokonya nama keluarganya tuh aneh bin ajaib. Kalau gak salah karena translate nama keluarga Rudi yang dari sananya pake bahasa belanda yang aneh juga, intinya dipleset-plesetin dikit sama translator Indonesia yang penting bunyinya sama.
Ini edisi barunya, aku ngerasa ilustrasinya bagus terbitan pertama, terasa seremnya gitu. Ini buku udah bener-bener langka banget!. Andaikata aku bisa main ke sekolahku dulu & buku ini masih ada pun bakal aku pinjem trus fotokopi *gak mau rugi* hehehe

2. Detektif Cilik
Ceritanya tentang 2 sahabat, Hawkeye Collins & Amy Adams. Si Hawkeye punya mata yang tajem & pinter gambar, sedangkan Amy pinter menganalisa keadaan. Lah mereka berdua sering banget ketemu berbagai peristiwa perampokan dll. Dan dalam setiap kasusnya saat Hawkeye gambar akan ditampilin ilustrasinya & paling gak kita analisis dulu gambarnya nanti baru ceritanya Amy bakal analisis. Yang paling berkesan di aku cerita tentang peristiwa kebakaran di rumah ibu siapa aku lupa. Si ibu ternyata sengaja bakar rumahnya untuk dapetin asuransi. Bisa ketahuan kalo ibunya bohong karena dia bilang cepet-cepet masukin baju ke tempat seadanya, tapi digambar Hawkeye si ibu tadi bajunya rapi jali di dalam kerdus. Oh ya tiap buku ilustrasinya bisa beda-beda, ada di 1 buku bagus banget, yang lain kayak gak niat gambarnya, pake pulpen tinta buat tanda tangan & pokoknya berantakan!.
Wah ternyata ada orang yang mau berbaik hati ngescan buku ini, kalau ada yang kangen ataupun penasaran sama buku ini bisa donwload di sini , ada 3 buku misteri coklat yang hilang, penculikan anjing misterius & penyelundupan video game.

3. Pilih sendiri petualanganmu!
Dulu buku ini cukup sedikit koleksinya di sekolahku, paling cuma 4-5 buku. Sebenarnya agak kejam ya buku ini untuk ukuran anak SD, soalnya mentok-mentok kalo gak mati, ya menang!. Jadi dalam buku bisa ada lebih dari 10 cerita, tinggal kita sendiri yang milih. Biasanya ada 3 pilihan dalam 1 halaman, misal kalau kamu nurut teman kamu kamu lanjkut baca ke halaman 11, kalau kamu mau sendiri  lanjut ke halamn 56. Pokonya longkak-longkak jauh banget. Agak gak terlalu suka sama beberapa buku karena kesanya kejam, kayak mati di dorong dari kapal, mati kedinginan & sebagainya.
Yang paling berkesan adalah tentang Cinderella. Bisa dibayangin ceritanya kan malam itu Cinderella ke istana pangeran, di buku bisa berbagai pilihan, kamu mau ikut kereta kuda lanjut ke halaman berapa, kamu mau bersama peri lanjut ke halaman berapa. Jadi belum tentu happy ending ^^

4. Kumpulan dongeng Andersen
Siapa yang belum pernah baca buku ini? berarti kalian bukan anak-anak :-p. Aduh ini buku berkesannn banget, ada 7 cerita, gadis korek api, prajurit mainan, thumbelina, puteri sejati yang walaupun kasurnya di tumpuk 20 kali masih bisa ngerasain kacang polong yang ditaruh paling bawah. Sebenarnya sampai sekarang buku ini masih ada kalau nyari di Gramedia, tapi sayang soft cover. Jaman dulu aku selalu pinjem yang hard cover, lumayan udah mau rusak & beberapa halaman mau copot & akhirnya di benerin ibuku. Salah satu buku yang paling sering aku pinjem & selalu menuhin tas. Gambarnya bagus, soft banget digambar pakai cat air. Aduh jadi nyesel pas kemarin Gramedia fair kenapa gak beli, kan lumayan buat anakku nanti hehehe. .

Sebenarnya masih banyak buku anak-anak yang sangat berkesan di hatiku, tapi yah lupa-lupa inget. Kalau dipikir-pikir aku suka ke perpus & baca buku memang karena keadaanku jaman dulu saat tinggal di Jakarta. Waktu itu aku masih 1 keluarga, tapi yah memang sejak dulu orangtuaku gak bisa *klop*, ayahku emosian setiap hari, sering mengeluarkan kata-kata yang gak baik di dengar anak seusiaku, terkadang juga tindakan. Maka dari itu aku & kakaku sering mencari pelarian lain, yaitu membaca buku. Selain bisa sambil berkhayal, tentu paling gak bisa sedikit melepasakan beban & dongkolnya hatiku jaman dulu. Hmm aku nulis bagian ini kok sampe nangis ya, keinget jaman dulu sih hehehe. Koleksi bukuku juga sebenarnya banyak tapi saat pindah dari Jakarta ke Salatiga banyak banget barang-barang yang harus ditinggal, termasuk koleksi bukuku. Oke lama-lama malah ngelantur & curhat yah, terima kasih sudah mampir blog ku.


1 komentar:

  1. Niit, aku punya buku yg drakula cilik..
    dulu Papaku yang mbeliin dari loakan Sriwedari..
    hihihi :p

    BalasHapus

Post Top Ad

My Instagram