Post Top Ad

Perawatan cantik di malam hari dengan Citra Night Whitening Lotion

Apa sih definisi cantik itu?

Apakah wajah yang terlahir cantik dengan hidung yang mancung? bola mata besar indah bersinar? atau kulit  tubuh putih mulus nan menawan?

Bagaimana dengan saudara kita yang terlahir tanpa embel-embel kulit putih, wajah oval, hidung mancung,  melainkan dapat melahirkan segudang prestasi yang dapat mengarumkan nama bangsa, apakah mereka tidak termasuk golongan yang cantik?

Salah satu quote yang menyadarkanku kecantikan bukan hanya terlahir dari tampilan fisik melainkan dari hati dan pikiran kita.
Jadi menurut kalian, cantik itu apa?
Ibu ku pernah berkata,
"Kamu cantik bukan hanya terlihat dari fisik, tapi dari tutur kata, tingkah laku, kepribadianmu. Cantik bukan hanya sekedar kulit luar, melainkan dari hati yang paling dalam"

Bagiku sendiri definisi cantik adalah menjadi percaya diri, menerima kekurang diri dan berusaha untuk memperbaikinya, serta selalu menerima kritikan terhadap diri kita. Maka kecantikan aka bersinar dengan sendirinya.

Tapi apa salah kalau kita ingin mempercantik diri? selalu terlihat menarik di depan banyak orang dan terlihat bersinar? Tentu tidak salah! Apalagi sebagai wanita kita ingin selalu terlihat cantik di hadapan lawan jenis, iya kan? Gak mau kan di bilang cewek jorok karena jarang merawat tubuh kita sendiri?

Terus gimana caranya? apa setiap hari kita harus nyalon?
Tentu saja tidak! banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat diri kita terlihat bersinar. Untuk bagian wajah, sebaiknya selalu mencuci muka sehabis beraktifitas dan gunakan hanya sedikit make up agar kulit wajah kita dapat bernafas lega.
Untuk tubuh, terutama kulit kita yang mudah terlihat, kita dapat mencoba aktifitas menyenangkan yang bisa di lakukan di rumah seperti luluran, peeling, atau memakai  body lotion yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit kita. 

Sebelum semakin jauh membahas bagaimana cara merawat tubuh kita, yuk kita kenalin kulit kita sendiri!

Kulit merupakan bagian organ tubuh manusia yang terletak di luar dan hanya sedikit saja yang membatasi bagian dalam tubuh. Luas kulit pada manusia pada orang dewasa di perkirakan sekitar 1,5 m2 dengan berat sekitar 15 % dari berat badan secara keseluruhan.
Kulit manusia terdiri dari 3 lapisan kulit bagian utama yakni : epidermis, dermis, dan hipodermis. Lapisan kulit Epidermis terdiri dari stratum korneum yang kaya akan keratin, stratum lucidum, stratum granulosum yang kaya akan keratohialin, stratum spinosum dan stratum basal yang mitotik. Dermis terdiri dari serabut-serabut penunjang antara lain kolagen dan elastin. Sedangkan hipodermis terdiri dari sel-sel lemak, ujung saraf tepi, pembuluh darah dan pembuluh getah bening.
Selain itu kulit memiliki banyak fungsi, yang berguna dalam menjaga homeostasis tubuh. Fungsi-fungsi tersebut dapat dibedakan menjadi fungsi proteksi ( perlindungan ), absorpsi, ekskresi, pengaturan suhu tubuh (termoregulasi), dan pembentukan vitamin D.
1. Kulit sebagai pelindung
Kulit memiliki lapisan kulit yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari tiap bagian lapisan kulit terdalam sampai luar, seperti :
  • Sel Keratin berfungsi melindungi kulit dari mikroba, abrasi (gesekan), panas, dan zat kimia. Keratin merupakan struktur yang keras, kaku, dan tersusun rapi dan erat seperti batu bata di permukaan kulit.
  • Sebum yang berminyak yang berasal dari kelenjar sebasea mencegah kulit dan rambut dari kekeringan serta mengandung zat bakterisid yang berfungsi untuk membunuh bakteri di permukaan kulit. Dengan adanya sebum ini, bersamaan dengan ekskresi keringat, akan menghasilkan mantel asam dengan kadar pH 5-6.5 yang mampu menghambat pertumbuhan mikroba.
  • Pigmen melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit efek dari sinar UV yang berbahaya. Pigmen melanin merupakan lapisan kulit yang berfungsi sebagai pemberi dan perubahan warna kulit. Untuk itu pakailah Hand Body Lotion untuk mencegah kulit dari pancaran sinar matahari, karena pigmen kulit mudah sekali berubah
2. Fungsi Absorsi
Kulit tidak bisa menyerap air, tapi bisa menyerap material larut-lipid seperti vitamin A, D, E, dan K, obat-obatan tertentu, oksigen dan karbon dioksida. Selain itu beberapa material toksik dapat diserap seperti aseton, CCl4, dan merkuri yang sangat berbahaya apabila digunakan secara terus menerus. 

3. Fungsi ekskresi
Kulit juga berfungsi sebagai tempat pembuangan suatu cairan yang keluar dari dalam tubuh berupa keringat dengan perantara 2 kelenjar keringat yang dimiliki, yakni kelenjar sebasea dan kelenjar keringat.

4. Fungsi sebagai pengaturan suhu tubuh 
Kulit berkontribusi terhadap pengaturan suhu tubuh melalui dua cara: pengeluaran keringat dan menyesuaikan aliran darah di pembuluh kapiler. 

5. Fungsi pembentukan vitamin D
Sintesis vitamin D dilakukan dengan mengaktivasi prekursor dan dihidroksi kolesterol dengan bantuan sinar ultraviolet. Enzim di hati dan ginjal lalu memodifikasi prekursor dan menghasilkan calcitriol, bentuk vitamin D yang aktif. Calcitriol adalah hormon yang berperan dalam mengabsorpsi kalsium makanan dari traktus gastrointestinal ke dalam pembuluh darah. Tubuh memang mampu menghasilkan vitamin D dengan sendirinya tetapi masih belum mampu memenuhi kebutuhan tubuh secara menyeluruh sehingga pemberian vitamin D secara buatan atau yang dapat diperoleh dari sumber makanan, buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin D masih tetap diperlukan.

Tapi apa saja sih penyebab kerusakan kulit kita ?
1. Tak memakai sunscreen setiap hari
Sebenarnya kami sudah bosan mengulang-ulang hal ini, tapi masih banyak diantara kita yang menganggap sun screen bukan hal penting. Sekali lagi, ini tak ada hubungannya dengan kulit menghitam, tapi tanpa sun screenkulit kita akan cepat rusak dan menua.
2. Hanya melindungi wajah
Sunscreen tak pernah lupa dipakai di wajah sebelum ke luar rumah. Tapi jangan lupa, kulit tubuh pun memerlukan perlindungan dari sinar matahari, karena pakaian saja tak cukup. Kulit tubuh yang paling sering mengalami penuaan dini akibat sinar matahari adalah di sekitar dada, karena bagian inilah yang sering terlupakan untuk dioles sunbock.
3. Merokok
Racun yang terkandung pada sebatang rokok menghambat aliran oksigen ke kulit, dan menyebabkan kulit jadi kusam dan tak bercahaya. Merokok juga terbukti mempercepat timbulnya kerutan di sekitar mulut dan mata.

4. Kurangnya istirahat
Selain membuat penampilan kita terlihat kusut di pagi hari, tidur tidak cukup dan tidak terjadwal akan menggangu siklus tubuh kita yang secara alami akan memperbaiki berbagai kerusakan di tubuh kita.
Pengaruh sinar UV pada kulit
Sinar Ultraviolet A mempunyai energi relatif rendah, namun dapat menembus lapisan kulit sampai lepisan jangat dan lemak. Hal ini berdampak terhadap kerusakan pada jaringan jangat dan lemak. Hal yang Nampak pada kulit  jika lapisan lemak rusak adalah kulit menjadi keriput. Jadi pengaruh yang ditimbulkan oleh ultraviolet A adalah kulit menjadi lebih cepat keriput.
Sinar Ultraviolet B memiliki energi yang relatif tinggi, hal ini berdampak terhadap lapisan kulit  paling atas yaitu lapisan ari. Sinar ultraviolet B mampu membakar dan merusak Lapisan ari.

Sinar Ultraviolet C akan mempengaruhi perubahan warna kulit.  Warna kulit akan berubah menjadi lebih kecoklatan.
Sinar ultraviolet memberikan pengaruh yang besar terhadap kerusakan kolagen dan jaringan elastin. Kolagen dan elastin merupakan jaringan pada kulit dermis yang bertanggung jawab terhadap kekuatan dan elastisitas kulit. Selain itu, sinar ultraviolet berperan dalam menimbulkan kelainan pigmentasi seperti melasma yaitu kelainan yang berupa bercak berpigmentasi pada kulit wajah. Kelainan pigmentasi ini, juga dapat ditimbulkan oleh faktor lain, selain sinar ultraviolet, seperti karena pengaruh hormonal, kosmetik dan obat-obatan tertentu

Sudah cukup kenalannya dengan kulit kita sendiri? makanya selagi masih di anugerahi kulit yang mulus harus di manjain dong! Salah satunya dengan melakukan perawatan kulit tubuh malam hari
Memang sebegitu penting ya melakukan perawatan sebelum tidur? bukannya saat tidur kulit kita harus terbebas dari bahan-bahan yang akan menutup pori-pori kulit? 
Ketika lounching produk Citra Night Whitening body lotion, dr Eddy Karta, SpKK menjelaskan beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan lotion menjelang tidur :

1. Regenerasi kulit
Agar kulit terlihat lebih bersinar maka kulit juga membutuhkan proses regenerasi. Proses regenerasi atau pembaharuan sel ini terjadi pada malam hari ketika kita tidur. Regenerasi sel kulit ini sebenarnya berlangsung setiap waktu, namun pada malam hari kulit beregenerasi dua kali lebih banyak. Untuk regenerasi sel, kulit membutuhkan bantuan dari beberapa vitamin dan juga bahan aktif agar lebih efektif. Penggunaan body lotion sebelum tidur malam akan membantu memberi energi dalam bentuk vitamin dan bahan aktif lainnya.
Hanya saja, harus diingat bahwa pemilihan body lotion untuk malam hari ini tidak sama dengan body lotion harian. Saat memilih body lotion malam, usahakan untuk memilih body lotion yang memiliki kandungan asam lemak dan vitamin B3 yang lebih tinggi agar kulit tetap lembab.

2. Menjaga kelembaban
Penggunaan body lotion di malam hari akan membantu mengurangi kehilangan uap air yang terlalu banyak. Di malam hari proses trans epidermal water loss (penguapan) air dari kulit akan meningkat 25% dibandingkan pagi atau sore. Kehilangan uap air di kulit ini akan semakin tinggi terutama di bagian yang terbuka (tak tertutup baju) seperti kaki, tangan, dan wajah. Kehilangan uap air yang terlalu banyak akan membuat kulit jadi sensitif dan kering.

3. Mudah menyerap bahan aktif
Malam hari merupakan saat paling efektif untuk mengaplikasikan berbagai produk kecantikan. Karena saat malam, kulit akan lebih mudah menyerap bahan aktif .

Masih binggung mau menggunakan lotion apa untuk malam hari?

Kabar gembira buat kita semua, salah satu produk terbaru yang hadir di Indonesia adalah Citra Night Whitening lotion! Siapa sih yang gak tahu body lotion Citra? Produk yang sangat mengerti kulit wanita Asia Tenggara ini sudah ada sejak tahun 1984 dan telah menemani keseharian banyak wanita cantik di Indonesia. Aku masih sangat ingat bagaimana kemasan awal body lotion Citra. Waktu itu usiaku masih 5 tahun, aku mencoba body lotion Citra Manggir dengan bentuk wadah pipihnya. Ah, jadi teringat jaman dulu. . .

Setelah nostalgia, kini Citra menggeluarkan varian lotion baru, yaitu Citra Night Whitening body lotion, yang khusus digunakan di malam hari. Diproduknya yang baru ini banyak sekali bahan alami yang terkandung didalam setiap tetesnya.

Yang membuatku penasaran adalah minyak biji anggur & mulberry yang menjadi kandungan utama body lotion ini. Memang apa kegunaan 2 bahan tersebut sampai-sampai bisa dicantumkan dalam Citra Night Whitening lotion? 
Minyak biji anggur adalah produk yang dihasilkan setelah pembuatan wine. Jadi benar-benar sari pati yang ada dalam biji anggur yang dapat menghasilkan setiap tetes minyak biji anggur. Dalam dunia kecantikan, minyak biji anggur sudah digunakan sejak lama untuk membantu meremajakan kulit dan memenuhi gizi yang dibutuhkannya, namun juga bisa membuat kulit Anda berkilau. Jika kita sering bermasalah dengan lingkaran gelap di bawah mata, maka mengoleskan minyak biji anggur sedikit akan bisa menghilangkannya. Para pria juga bisa menjadikan minyak biji anggur sebagai pengganti krim pencukur. Dengan semakin meningkatnya risiko kanker kulit akibat efek negatif sinar matahari, minyak biji anggur juga bisa berfungsi sebagai tabir surya. Dengan mengoleskan sedikit minyak biji anggur pada kulit Anda saat bepergian, Anda akan terlindung dari sinar matahari yang jahat. Sounds good, right?
Sedangkan buah mulberry punya fungsi sebagai antioxidant yang dapat membuang racun-racun tidak berguna ditubuh kita.  Selain itu buah ini sehat apabila dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Apalagi kandungan vitamin C dan arbutin yang terkandung dalam buah mulberry yang terkenal dalam membantu mencerahkan kulit kita. Wah, walaupun buahnya kecil tapi manfaatnya banyak ya?

Sekarang kita bahas yuk si Citra Night Whitening ini!
Kemasanya mirip dengan kemasan body lotion Citra yang sudah ada, tapi dengan dominasi warna ungu yang bold bisa membuat kita tahu dapat mengenalinya walaupun dari jauh. Selain itu tersedia dengan berbagai ukuran mulai dari 60ml sampai yang terbesar 400ml dengan pump. Hayo-hayo segera dicek di supermarket terdekat!
 Komposisinya
Teksturnya seperti lotion Citra kebanyakan, tapi dengan wangi yang bikin rileks & sangat menenangkan. Jadi sangat membantu membuat rileks sebelum tidur. Oh ya menurut pengalamanku sendiri, body lotion yang baik adalah saat digunakan dibagian lipatan tubuh tidak terasa lengket, saat terkena air tidak terasa licin, & juga setelah 4 jam penggunaan kulit masih terasa lembabCitra Night Whitening body lotion memiliki semua itu!

Seperti yang di jelaskan oleh dr Eddy Karta, SpKK di malam hari kulit kita juga bisa mengalami dehidrasi lho. Dan penyebab dehidrasi kulit bukan hanya disebabkan oleh tubuh kekurangan cairan, melainkan juga kulit kita yang tidak mendapatkan proteksi dan juga hilangnya kelembapan kulit karena aktifitas ekstrim di siang hari. Jadi sangat penting untuk memberi proteksi kulit. Tenang, pori-pori kulit tidak akan tersumbat karena dulu ada mitos "saat tidur kulit jangan di beri skincare/lotion apapun agar bisa bernafas", itu salah lho girls. Jelas sekali saat tidur proses penyerapan pada kulit terjadi lebih maksimal.

Banyak teman yang bertanya, apa benar bisa memberikan efek cerah saat bangun tidur? Memang tidak bisa ajaib dalam 1 malam tubuh kita langsung cerah & halus. Kulit saja membutuhkan 28 hari untuk regenerasi, gak mungkin kan dalam 1 malam prosesnya terjadi? Kita harus telaten & tentunya rajin mengoleskan body lotion ini agar hasilnya maksimal. Sambil diimbangi hal-hal sebagai berikut :
-Makan makanan berserat & bervitamin, karena asupan serat yang baik akan membantu proses regenerasi secara alami.
-Tidur yang cukup, agar proses regenerasi tersebut tidak terganggu.
-Rajin untuk luluran, kalian yang di kota besar bisa mencoba treatment di Rumah Cantik Citra yang ada di kota kalian.

-Menghindari terlalu banyak kontak dengan matahari secara langsung. Selain cepat bikin "gosong" kulit kita, terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa proteksi apapun bisa menyebabkan kanker kulit!
-Minum banyak air putih, sudah jadi rahasia umum kalau air putih dapat membuang zat toksin dalam tubuh  & memperlancar peredaran darah kita.
-Jangan lupa beri proteksi kulit saat kita beraktifitas di luar dengan menggunakan banyak varian body lotion Citra lainnya yang bisa kita lihat disini.

Aku sendiri sudah menghabiskan 1 botol ukuran mini lho, sekarang sedang menghabiskan untuk yang ukuran sedang. Aku SANGAT PUAS dengan Citra Night Whitening body lotion ini. Selain membuat kulit terasa lembab di malam hari, juga membantu membuat rileks karena aku termasuk penderita insomia akut. Selain wanginya lembut & juga bisa membantu proses regenerasi kulit kita, harganya juga murah! Untuk ukuran 50 ml aku beli dengan harga Rp.5.200 dan ukuran 100ml Rp. 11.500 (tergantung lokasi).So, tunggu apa lagi? sudah cuci kaki? gosok gigi? Citra Night Whitening body lotion sudah belum?
So ingin cantik, mulailah dari diri sendiri dan tularkan kebiasaan baik pada orang disekitar kita!

Tulisan di blog ini untuk mengikuti kompetisi menulis blog "Pentingnya perawatan tubuh pada malam hari" yang diselengarakan oleh http://rumahcantikcitra.co.id/ & Indonesia Beauty Blogger.
sumber :
http://www.merdeka.com/gaya/minyak-biji-anggur-solusi-ajaib-untuk-kulit-cantik.html
http://www.hariansumutpos.com/arsip/?p=22466
http://rumahcantikcitra.blogdetik.com
http://www.unilever.co.id/id/brands/personalcarebrands/citra/index.aspx
http://rumahcantikcitra.co.id
http://aldyputra.net/2011/05/8-penyebab-kerusakan-pada-kulit-manusia/
http://www.dermatixultra.org/fungsi-kulit-manusia/
http://willykk.wordpress.com/2012/01/09/pengaruh-uv-pada-kulit/
http://female.kompas.com/read/2012/09/28/08510856/Pentingnya.Memakai.Losion.Malam.Hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

My Instagram