Post Top Ad

Spa di rumah? siapa takut! (Sariayu-Female Daily blog competititon)

Rutinitasku dalam 1 minggu selalu dipadati dengan berbagai kegiatan, baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Terlebih diselingi dengan kegiatan praktek yang berhubungan dengan kuliah yang aku geluti saat ini, teknik bangunan. Membuat pasangan batu bata, membuat kusen, memasang pipa untuk aliran air, mengaduk semen, fiuhhhh capeknya. Dan tidak jauh beda dengan yang pacarku alami, karena dia mengambil jurusan Teknik Mesin, setiap hari selalu berkutat dengan oli. Gak heran, kami sangat menyukai “our time” untuk melakukan luluran bersama. Saling gosok menggosok tangan dan kaki sambil membayangkan spa di hotel atau di pinggir pantai. . .

Spa? Kan ada tuh perawatan couple spa di salon atau hotel? Kenapa gak kesana aja?

Aduh, mental-mental mahasiswa kayak kami mana kepikiran buat spa di hotel? Mending uangnya buat beli stok lulur. Tapi sebelum membahas jauh lulur apa yang jadi favorit kami berdua, ayo kita cari tahu pengertian dan manfaat spa itu apa aja!

Sejarah dan Perkembangan Spa

Spa adalah perawatan tradisional yang menggunakan air sebagai medianya. Spa berasal Bahasa Latin 'salus per aquam' yang artinya sehat melalui air. Suatu tempat dimana kita bisa merasa rileks, tubuh dan pikiran menjadi segar, kembali energik dan bertenaga serta membangkitkan suasana hati yang riang gembira. Tapi istilah ‘SPA’ sering dikaitkan dengan kata ‘SPAU’ yang merupakan nama sebuah desa di dekat Liegi, Belgia. Di daerah itu terdapat sebuah sumber air mineral yang kerap digunakan bangsawan Romawi ketika ingin terapi relaksasi menggunakan air, biasanya dilakukan untuk memanjakan diri setelah perjalanan jauh (louise jumarani,Dipl.CIDESCO). Nama spa kemudian berkembang ke seluruh Eropa, dan kini dipakai di seluruh dunia untuk tempat terapi air. Spa seringkali dianggap sebagai tempat perawatan tubuh berupa pijat atau massage. Padahal pengertian spa sebenarnya adalah tempat dimana orang dapat memperoleh perawatan badan, dari ujung rambut sampai ujung kaki sekaligus mengembalikan kesegaran tubuh setelah berada di posisi yang menegangkan.  
Dalam perkembangan spa di Indonesia, di sinyalir berasal dari keberadaan Taman Sari di Yogyakarta. Lokasi tersebut pada jamannya sering di gunakan untuk mandi dan membersihkan diri para putri dan selir dari Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1757. Saat itu kegiatan membersihkan diri masih menggunakan bahan-bahan alami. Dari tahun ke tahun perkembangan dunia spa semakin pesat, dan tentunya Indonesia yang memiliki berbagai macam keunikan tanaman dan budaya tidak mau ketinggalan, bahkan saat ini spa ala Indonesia sudah mendunia. Banyak turis asing yang berburu spa di Indonesia khususnya di Jakarta dan Bali. Disana turis asing dimanjakan bak Raja dan Ratu, yang belum tentu bisa didapatkan dengan berspa di negerinya sendiri. Wah, hebat sekali ya negara tercinta kita ini! 
Saat ini kegiatan spa terdiri dari rangkaian perawatan yang terdiri dari terapi pijat seluruh badan, lulur/body scrub, masker pemutih, terapi musik, aromatherapy, mandi susu/mandi aromatherapy dan snack berupa kue-kue dan minum jahe hangat atau teh panas. Proses spa memakan waktu kurang lebih satu setengah sampai dua jam. Pelengkap spa, juga tersedia perawatan hair spa (creambath plus), pedicure menicure, facial, pelangsingan tubuh, pengencangan payudara, pelurusan rambut dan lainnya. Bahkan tersedia juga spa khusus ibu hamil. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan sebab tidak semua ibu hamil boleh melakukan spa karena alasan medis. Beberapa kondisi kehamilan yang termasuk rawan antara lain ibu hamil dengan riwayat keguguran berulang, ruam di kulit, hipertensi, atau nyeri perut.

Manfaat spa

Secara umum, manfaat spa antara lain menghaluskan, mengencangkan, memutihkan dan memberi nutrisi pada kulit, mengendurkan ketegangan otot, detoksifikasi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan kecemasan, kemarahan dan depresi, mencegah alergi, tanda-tanda diabetes. Selanjutnya dapat mengurangi resiko migrain dan asma, menurunkan tekanan darah tinggi dan hipertensi, mengurangi insomnia, stres dan kelelahan, mengembalikan keseimbangan alami tubuh, mencapai kebahagiaan, percaya diri dan kreativitas serta memperlambat proses penuaan. Apabila dilakukan secara rutin, bukan saja kulit kita yang semakin indah, tapi otak kita juga menjadi segar dan siap menjalani aktifitas harian lainnya. 
Dalam satu studi yang dilakukan di Washington, relaksasi di tempat spa bukan sekadar memberi kenyamanan dan juga kesehatan peredaran darah. Namun juga berkaitan dengan kondisi emosional seseorang. Peneliti dari Thomas Jefferson University Hospital meneliti 15 responden saat sebelum dan setelah mengunjungi tempat spa dengan lokasi sama. Selain itu dalam terapi spa, responden juga diberikan manajemen stres yang diberikan melalui meditasi harian terstruktur dan juga yoga yang meningkatkan ketenangan. Dalam persiapan, peserta diminta memodifikasi diet mereka tiga sampai empat hari sebelum kedatangan dengan mengganti diet normal dengan buah dan makanan herbal serta menghindari pasta, daging, keju, kafein, alkohol dan makanan olahan. Langkah-langkah psikologis dan spiritual sebelum dan sesudah kedatangan mereka diukur. Evaluasi hasil akhir menunjukkan menjalani program spa mengakibatkan penurunan berat rata-rata 6,8 lbs, yang 7,7 persen penurunan tekanan darah diastolik serta penurunan merkuri, natrium dan tingkat klorida.

Wah, banyak kan manfaat spa? Masih ragu mau spa? Yuk kita bahas langkah-langkah melakukan spa di rumah!
Spa di rumah
Langkah-langkahnya mudah kok untuk menciptakan spa ala hotel di rumah ataupun kos. Dikutip dari Helium, berikut ini delapan cara untuk menciptakan spa sendiri di rumah :
  • Inti dari perawatan spa adalah rileks. Pastikan rumah kita aman dari suara ramai atau keributan yang mengganggu. Matikan ponsel atau telepon rumah dan usahakan tidak ada tamu yang berkunjung ke rumah. Jika mempunyai anak kecil, minta suami, pengasuh atau seseorang untuk menjaganya sebentar. Ini adalah saatnya kita memanjakan diri sendiri walau mungkin hanya dalam waktu singkat.
  • Sediakan mantel mandi yang halus dan tebal dan sendal jepit yang nyaman. Jika tidak punya mantel mandi, gunakan handuk ekstra tebal atau selimut.
  • Sulap kamar mandi kita menjadi ruangan yang paling menyenangkan di rumah. Nyalakan lilin dengan warna-warna menyenangkan seperti pink, biru atau kuning muda. Tempatkan serangkai bunga segar yang terbungkus handuk dan botol parfum favorit di pinggiran bath tub. Sebarkan kelopak daun mawar kering di bak mandi berisi air hangat.
  • Musik bisa jadi unsur penting saat ingin merasakan pengalaman spa. Kita bisa memasang musik favorit yang menenangkan seperti jazz, instrumental atau klasik.
  • Gunakan body lotion, sabun mandi, scrub, bubble bath dan lilin aromatherapy dengan keharuman yang paling kita sukai. Lavender, mawar, melati atau sandalwood bisa jadi pilihan.
  • Gunakan beberapa peralatan mandi yang berbeda untuk membantu menenangkan kulit dan otot. Kita bisa memakai sponge, loofah, body brush atau pemijat yang bisa dipegang.
  • Ciptakan perlengkapan spa dengan membeli bermacam produk perawatan tubuh seperti scrub, garam laut, bubble bath dan pelembap. Jika tidak mau repot, beberapa merk kosmetik ada yang menyediakan paket perawatan spa lengkap seperti rangkaian Sariayu Beauty Spa.
  • Untuk menambah kenikmatan spa, sediakan makanan dan minuman. Sebotol air mineral dan semangkuk buah potong segar mungkin bisa jadi pilihan.
Tapi aku masih binggung produk apa yang akan aku pakai saat nanti memulai spa di rumah?

Gak usah binggung dong, sekarang kan sudah ada rangkaian produk Sariayu Beauty Spa yang terdiri dari produk scrubbing, massage, moisturizing, bathing, scented refreshing sampai dengan breast care spa.
Nah favorit kami berdua pastinya lulur Sariayu Putih Langsat SPA 2 in 1, yang diperkaya minyak esensial Orange yang menyegarkan dan Sariayu Putih Langsat Lulur SPA 2 in 1 yang diperkaya Red Algae (gangang merah) untuk membantu mengencangkan kulit dengan minyak esensial mawar yang menenangkan. Di tambah dengan body lotion Putih Langsat agar setelah selesai luluran kelembapan kulit tetap terkunci.

Favoritku lulur spa dengan Red Algea, karena wanginya soft dan lembut banget. Apalagi kemasan dan warna lulurnya pink. Sedangkan pacarku lebih menyukai lulur spa dengan orange karena wanginya lebih segar dan dapat membangkitkan semangat.
Sariayu juga sudah mencantumkan logo MUI Halal, sehingga para muslimah-muslimah di Indonesia gak perlu ragu lagi kalau mau mencoba spa di rumah. 
Krimnya berwarna pink soft dengan butiran-butiran padat yang cukup besar sehingga dapat membantu proses pengangkatan kulit mati. Jadi gak usah capek-capek lagi ngosok-ngosok kulit sampai kemerahan (saking semangatnya)
Lotion putih langsat juga favorit kami berdua. Menggandung ekstrak buah langsat dengan 2 manfaat : membantu mencerahkan kulit dan mengandung anti oksidan untuk melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas Juga dilengkapi dengan : pro vitamin B5 untuk menjaga kelembapan kulit, Tabir surya untuk perlindungan terhadap sinar UV dan Minyak essential bunga melati sebagai aromatheraphy. Jadi dalam 1 lotion ada 2 fungsi selain melindungi dari sinar UV juga dapat membantu proses mencerahkan kulit.
Tekstur lotionnya lembut, mudah menyerap di kulit dan berwarna putih, wanginya soft banget karena mengandung aroma terapi. Sangat cocok sebagai teman setelah luluran
Lubang untuk keluar lotion juga tidak terlalu besar, jadi kita dapat mudah menggatur seberapa banyak lotion yang kita butuhkan.
Nah, sudah siap untuk  spa bersama kami?

Emang spa di rumah ngapain aja sih? kalau luluran cuma di gosok-gosok doang kan?

Banyak yang masih salah kaprah mengenai luluran, jadi menurut konsultasi Sariayu cara luluran yang benar dan tepat adalah sebagai berikut : jika memungkinan kita sering melakukan pijatan dengan minyak urut zaitun untuk menghaluskan kulit, langsung oleskan lulur spa sari ayu dan lakukan pengurutan secara perlahan agar kotoran dan sel kulit mati terangkat. Setelah bersih dengan mandi atau jika punya bathtub berendamlah agar tubuh lebih segar, air berendam dapat anda tambahkan rempah mandi dan body wash. Setelah bersih oleskan pelembut raga white, dapat di pakai kapanpun saat kulit terasa kering.
Jadi pertama kali kami mengoleskan minyak zaitun terlebih dahulu agar kulit tidak mengalami iritasi saat menggosok lulur. 
Setelah itu baru kami oleskan lulur secara merata ke areal tangan dan kaki, terutama di bagian lipatan siku dan lutut karena biasanya di situlah penumpukan kotoran.
Nah, kemudian tunggu sebentar sampai setengah kering.  Ini bagian yang paling aku suka, karena kami bisa saling gosok-menggosok tangan dan kaki kami bergantian. Terkadang juga kami sering adu cepat menggumpulkan banyak "daki" di tubuh kami ^^
Banyak kan? itu karena pacarku belum mandi seharian jadi dakinya banyak -__-
Kalau di rasa lulur sudah hilang, baru kemudian di bilas dengan air. See? bersih kan?
Agar kelembapan kulit tidak hilang, oleskan lotion putih langsat. Aih, lembabnya!
Kegiatan ini jadi favorit kami di weekend setelah aktifitas perkuliahan yang cukup padat. Pacarku pada awalnya tidak menyukai aktifitas luluran, tapi semenjak mencoba lulur spa 2in1 orange dia langsung ketagihan dan menjadikannya rutinitas mingguan kami ^^

Aku tambahkan juga video cara-cara melakukan spa di rumah dari Sariayu.
Oh ya aku mengetahui kontes Sariayu Create Your Own Spa Blogger Competition dari Fashionese Daily , sub unit dari situs Female Daily di hari terakhir loh, untung saja kami berdua sama-sama doyan luluran. Kalau kalian masih penasaran apa saja produk dari rangkaian Sariayu Beauty Spa, cari tahu di acc Facebook dan Twitter mereka ya!
Pssstttt, aku sudah menggunakan produk skincare dan makeup Sariayu sejak SMP lho *ketularan ibu* apalagi setiap tahunnya mereka selalu mengeluarkan trend make up yang mencerminkan kepribadian wanita Indonesia. Untuk tema tahun 2013 adalah "Pesisir Sentrajava" yang terinspirasi dari kecantikan wanita pesisir pantai di pulau Jawa Tengah, yaitu Lasem dan Karimun Jawa.



Sumber gambar dan tulisan :
http://wolipop.detik.com



7 komentar:

  1. Wah Artikel bagus sekali dan sangat menginspirasi...
    jadi pengen luluran di rumah sekalian untuk menghemat....
    oya ada yg tau gak untuk Trend kaos kaki wanita saat ini seperti apa ?...
    Moga makin sukses

    BalasHapus
  2. thanks ya, isi artikelnya keren.
    bisa bantu untuk menyelesaikan tugas saya..
    oya Gan klo ada kesempatan silakan mampir ke lapak sy yang jualan kaos kaki wanita dewasa berkualitas dan banyak pilihannya..
    Trims :)

    BalasHapus
  3. Wah artikelnya keren..
    cuma lebih keren lagi klo di tambah gambar agar lebih menarik, ..Sambil baca artikel ini, mau tanya untuk tempat kaos kaki muslim yang memilika banyak piliha model terbaru dimana ya....
    moga makin bagus lg artikelnya ...

    BalasHapus

Post Top Ad

My Instagram