Post Top Ad

Me with Conietta Cimund : B Blog’s I A.M a Blogger Competition

Halo semua! 
Jujur, sebenarnya postingan ini sudah sangat lama ingin aku buat, tapi berhubung BBlog mengadakan kontes B Blog’s I A.M a Blogger yang temanya cocok dengan tulisanku kali ini, jadi sekalian saja aku posting. Tulisan ini benar-benar my honest opinion tentang blogku, terutama tentang bagaimana blogku bisa sampai menjadi sebuah "beauty blog", shall we start?



(Perhatian : postingan ini akan sangat panjang sekali, siapkan snack dan bantal saat membacanya ya hehehe)

Pertama kali membuat blog?


Lambang blog pertamaku
Ini blogku yang pertama & satu-satunya, ada sih yang lain, tapi cuma buat edit template blog saja & nyaris gak ada isinya. Blog ini dari awal memang bernama Conietta Cimund, yang di ambil dari namaku & nama mantan kucingku yang cantik bernama cimund. Tenang saja, cimund gak meninggal kok, tapi aku kembalikan pada yang punya sebelumnya, maklum hidup di kos-kosan membuatku sulit untuk memelihara hewan. Blog ini pertama kali membuat posting sekitar bulan Maret 2012. Tentu ada alasan tersendiri dibalik Conietta Cimund, bukan cuma blog yang isinya curhatan atau kehidupan sehari-hari saja.. . .

Alasan membuat beauty blog?
Masih ingat saat booming-boomingnya krim ADHA, krim walet, lulur domba, lulur banci thailand yang terkenal tahun 2011-2012 kemarin? tenang saja, aku bukan salah satu korban krim racikan gak jelas itu kok, bahkan wajahku belum pernah tersentuh sama yang begituan. Alasannya? waktu itu krim gaje di jual mahal banget! bagiku Rp. 200.000 untuk sepaket krim malam+siang itu mahal sodara-sodara! Aku cuma bisa gigit jari lihat online shop seliwar-seliwer di wall facebookku nawarin krim yang terkenal dengan warna putih-kuningnya itu.

Ini krim ADHA yang booming itu

Sampe akhirnya aku sempat kepincut sama salah satu alternatif lulur domba, yup, aku jadi terobsesi sama badan mulus & putih karena waktu itu sedang sibuk-sibuknya kuliah jadi "kuli" alias praktek menyusun batu bata. Bayangin, 5 jam terkena terik matahari untuk membuat sebuah dinding bata yang rasanya gak selesai-selesai dalam 3 bulan lebih. Karena waktu itu badanku gosong, akhirnya aku membeli berbagai macam lotion yang berbau-bau domba karena terkenal bisa mencerahkan kulit. Aku gak beli online kok, tapi belinya di supermarket karena aku baru sadar belakangan produk yang dijual sepaket itu dijual terpisah di supermarket. Aku juga masih punya sisa-sisa kejayaan paket domba yang melegenda itu hahaha.

Tersisa 2. . .

Suatu hari saat iseng-iseng cari pengalaman pengguna lulur domba dan sebangsanya di internet, aku mnemukan sebuah forum yang waw banget! Female Daily lah yang mengenalkanku tentang berbagai macam kosmetik dan perawatan tubuh. Walau sekarang sudah gak aktif di sana, tapi sampai sekarang aku masih seliweran baca-baca thread tertentu. Dari Female Daily aku bertemu dengan teman-teman yang ternyata bukan hanya anggota disana tapi memiliki blog sendiri, salah satunya mbak Vicky dari Buildtheface.blogspot.com dan Mbak Arum dari racunwarnawarni.com. Merekalah yang membuatku ingin bisa membuat blog sendiri dan sharing produk apa saja yang aku gunakan, terutama kosmetik dan skin care. Karena aku percaya, bukan cuma aku saja yang sebelum membeli suatu produk, selalu mencari reviewnya di internet. Hai, kita semua harus melek teknologi dong, jangan cuma internetan isinya Facebookan & Ngegame online aja!

Pertama kali posting di blog?
Postingan blog pertamaku memang agak malu-maluin. Waktu itu karena template blogku kecil, jadi aku posting foto pun dengan ukuran yang kecil. Tulisanya juga sekedarnya karena waktu itu aku binggung mau nulis apa, jadi apa yang aku lihat, apa yang aku tulis, gitu aja.


Postingan pertamaku

Tapi seiring berjalannya waktu, aku banyak melihat postingan teman-teman lain yang membuatku ingin lebih mengembangkan blogku, seperti kak Aini & kak Eve dari my-lovely-sister.blogspot.com, Comi dari cominica.net, Stella dari stellalee.net dan Shelvi dari xiaovee.com. Mereka yang membuatku terinspirasi untuk membuat hasil tulisanku lebih bagus & menarik. Apalagi setelah bergabung di komunitas Indonesian Beauty Blogger, aku  semakin terinspirasi seperti mereka. Dan juga tentunya komunitas pencinta makeup sekitar Jogja-Solo MakeupNista yang kece badai itu, senang rasanya bertemu dengan teman yang satu passion dengan kita ^^

Gathering with Makeup Nista Jogja-Solo

Postingan yang tidak terlupakan?
Selain membuat review, ada tantangan tersendiri ketika beberapa brand kosmetik membuat lomba untuk blogger. Kontes yang pertama saya ikuti adalah Citra Night Lotion, walaupun saat itu belum beruntung tapi aku gak menyerah. Akhirnya setelah itu ada lagi kontes dari Sariayu, saat itu aku memberanikan diri ikutan, belajar dari pengalaman lomba sebelumnya. Tanpa disangka, aku menjadi salah satu pemenang hiburan dan rasanya itu bangga banget. Bisa menghasilkan sesuatu dari tulisan yang aku buat sendiri itu senangnya bukan karuan! 
Hadiah pertamaku dari kontes blog

 Aku pun mulai berani ikut kontes lainnya, walaupun belum menang tapi aku puas karena dengan mengikuti kontes di blog dapat mengasah kemampuanku menulis. Dan pada bulan spetember 2012 IBB membuat kontes yang menarik yaitu makeup challenge yang jadi kontes makeup pertamaku di blog. Seru juga rasanya ikutan makeup challenge, cukup makeup, foto, upload di blog dan berdoa semoga masuk menjadi 5 besar. yah, walaupun aku sampai ikutan sebanyak 13 kali *fiuh* akhirnya bulan Februari kemarin aku menjadi salah satu pemenangnya (gomawo). Aslinya sih nekat aja ikutan walaupun untung-untungan aja menang apa gak hehehe.

Yang benar ikut 14 kali & ada 2 makeup look yang aku submit untuk bulan Januari kemarin

Postingan yang paling menantang?
Diambil dengan kamera yang sama, tapi berbeda teknik pemgambilannya

Tentu saja tutorial makeup! Kalau biasanya aku bermakeup itu asal usrek-usrek aja, kalau tutorial step-by-step harus di foto. Apalagi kameraku suka error dalam mengambil tone warnanya, walhasil hasilnya jadi gak maksimal. Tapi tentunya sekarang aku mulai paham bagaimana mengambil foto yang baik dari angle-angle tertentu, pratice makes perfect, right?

Tutorial pertamaku vs tutorial paling baru

Postingan lain selain makeup?
Aku suka project DIY, karena bagiku agak sulit membeli sesuatu dengan nominal harga tertentu, jadi aku buat sendiri saja. Beberapa project DIY ku bisa kalian baca disini, kebanyakan sih buat aksesoris.

Flower crown hasil buatanku sendiri

Apa keuntungan menjadi blogger?
Bagiku, berbagi itu gak akan ada habisnya, walaupun bentuknya dalam tulisan. Blog sekarang menjadi media sosial yang tidak hanya berisi tulisan, melainkan sharing informasi dan pengalaman pribadi. Senang rasanya bisa bertemu teman-teman baru dari blog, mengikuti berbagai kompetisi, dan juga gak perlu malu sharing foto narsis kita, lah, blog kita sendiri kan? Btw, ibu Kartini mengatakan, "Bagaimana kita bisa dikenang, selain melalui tulisan dan pemikiran".


Harapan kedepan dari Conietta Cimund?
Aku senang karena dari blog aku bisa mengenal banyak orang yang satu hobi denganku. Apalagi komunitas IBB sekarang berkembang pesat sekali. Banyak blogger-blogger baru bermunculan, tapi tentunya harus diikuti dengan kualitas postingan yang baik juga. Dari Conietta Cimund, aku juga mendapatkan keuntungan sendiri seperti disponsori berbagai brand dan online shop. Terima kasih untuk para sponsorship yang mempercayakan produk mereka untuk aku review ^^
Oh ya, aku berharap event-event yang sering di adakan para produsen kosmetik juga dilakukan di kota-kota lainnya selain Jakarta, pasti aku datang hehehe

Terima kasih sponsor tercinta

***

Fiuhhhh. . .panjang ya cerita dibalik Conietta Cimund? Sekarang saatnya bahas tentang BBlog. Btw, dari sekian projectnya BBlog baru kali ini aku ikutan hehehe. Jadi, BBlog merupakan salah satu media yang bekerja sama dengan para anggotanya untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. Blog dan BBlog gak akan lepas karena memiliki hubungan "simbiosis mutualisme", sama-sama saling membutuhkan. Enaknya, dalam setiap project dari BBlog kita dapet fee lho, lumayan kan bisa menghasilkan uang dari menulis campign terbaru dari BBlog. Banyak sekali media advertising seperti BBlog di Indonesia, tapi menurutku BBlog paling unik karena selalu update dan proyek yang diberikan temanya unik-unik! sayang ya aku baru ikutan sekarang, semoga bisa menang ya hehehe.


Dulu sekali aku pernah kerjasama dengan media advertising seperti BBlog, sayangnya karena banyak banget anggotanya dan tidak terbagi dengan tema blog, jadinya campaignya sangat kecil sekali untuk beauty blogger. Aku lebih menyukai BBlog karena mereka merupakan anak perusahan Cyberbuzz, salah satu penyedia jasa advertising terbesar di Jepang dan dunia. Jadi tentunya kita akan lebih terjamin dengan segala fasilitas dan campaign yang uptodate tentunya ^^
Bagi yang masih binggung gimana cara kerja advertising kayak begini, yuk cus ke situs BBlog , atau ke fanpage BBlog di Facebook ^^
Btw untuk campaign ini hadiahnya cucok banget buat aku yang kayaknya butuh banget ganti gadget. Bosen lah tiap hari copat-copot baterai hp karena harus mencharge lewat dekstop/charger kodokan -_-


Gak afdol kalau gak bikin blogging tips sekalian yah, tips ini yang sering aku lakukan sendiri di blogku.
Blogging Tips
  1. Tentukan tema blog yang ingin kalian buat, kalau aku lebih konsen ke beauty dan DIY blog. Karena memang lebih tertarik dan senang menjalaninya saat membuat postingan bertemakan beauty & DIY. Kalau sudah hobi, pasti senang dong dalam menulisnya?
  2. Kuatkan cerita dalam postingan, entah itu pengalaman pribadi saat mencoba suatu produk, ataupun saat membeli dan sebagainya. Aku jamin postinganmu lebih enak dibaca karena para pembaca jadi bisa lebih tahu kepribadian kamu dari tulisannya.
  3. Berlatihlah mendapatkan foto yang bagus, aku sih gak menyarankan kalian membeli kamera yang mahal. Memang, kamera mahal menghasilkan foto yang bagus & jelas. Tapi aku percaya, bukan kamera yang membuat foto kalian bagus, tapi orang dibelakang kamera yang menentukannya. 
  4. Cantumkan info dari suatu produk dengan jelas, terutama nama produsen, harga, beli dimana, sampai nomer BPOM jika ada. Agak males juga kan kalau sampai ada komen di blog nanya, beli dimana kak? harganya berapa? karena kita lupa mencantumkan keterangan produk.
  5. Lebih sering posting di blog. Fiuh, itu bukan aku banget ya? aku posting di blog "sak karepku dewe" hehehe. Iya, aku salut buat teman-teman yang rajin posting walaupun sedang sibuk, apa sih rahasinya?
  6. Bergaulah dengan teman blogger yang lain. Tips biar cepat terkenal & di kenal adalah dengan saling menyapa blogger lain. Entah hanya melike postingan mereka di group ataupun komen di postingan mereka.
  7. Kembangkan tulisan kalian, seperti poin ke 2 diatas, tulisan yang baik dan menarik membuat orang jadi pengen main ke blog kalian lagi walaupun isinya cuma random post aja.
  8. Jangan patah semangat. Banyak teman blogger lain yang akhirnya tidak pernah posting lagi di blog, padahal blognya itu cantik sekali & postinganya menarik. Kalau kalian suka, hobi dari blog bisa menjadi suatu pekerjaan lho, contohnya Xiaxue.com, temptalia.com, raditya dika dan beberapa blogger lainnya (psstt...Xiaxue sampai di sponsorin mobil lho!)
  9. Jujurlah dalam menulis tulisan, tapi menurutku jangan terlalu gamblang. Bisa saja suatu produk kita anggap jelek tapi di orang lain tidak. Ingat, ada kode etik tertentu di dunia maya, bahkan bisa di pidanakan. Fiuh, harus banyak berlatih memilah-milih kata yah.
***
Hmmm. . .panjang sekali ya postingan ini! Kenyataanya misi ku untuk membuat para wanita di Indonesia pintar memilih kosmetik dan skin care sampai saat ini belum tercapai. Tapi wanita Indonesia pintar-pintar kok! Gak lagi-lagi kena rayuan krim wajah gaje kan? hehehe. Semoga tulisan ini menginspirasi kalian semua, buat yang mau memulai blog, sering blogwalking, atau hanya sekedar mencari info tentang kosmetik dan kecantikan.

"Kecantikan bukan hanya selembar tipis kulit wajah, melainkan kecantikan hati dan pikiran pula"

***
Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia (link : www.bblog.web.id) dan di sponsori oleh : @princess_butik (link : www.instagram.com/princess_butik)
@japansoftlens (link : www.instagram.com/japansoftlens
@keziashop (link : www.instagram.com/keziashop
@kissindonesia (link : www.instagram.com/kissindonesia
@lumiere_corner (link : www.instagram.com/lumiere_corner
@galerikuku (link : www.instagram.com/galerikuku)

4 komentar:

  1. Salut Nit sama kamu, ikut MUC terus. Akhirnya menang juga ya ^_^
    Good luck Nit ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih mbak Kornelia
      Good luck juga buat kamu mbak ^^

      Hapus
  2. Hi mbak Nita, honestly aku ngrasa ada satu fotonya mbak yg mirip aku ya :)
    heheheee.. postingan ini agak panjang tapi enak dibaca kok, aku seneng bgt pas baca tips2nya mbak dan itu juga yg selalu aku usahain. Aku? blogger baru ni, masih newbe dan masih perlu banyak belajar dari mbak-mbak kece yg udah mulai duluan ubek-ubek di dunia blogging
    last but not least, good luck buat challenge nya yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nuzhatul, salam kenal ^^
      Wah foto yang mana ya? masa kita mirip? hehehe
      makasih ya, jangan lupa baca postingan ini terus biar votenya naik :-p

      Hapus

Post Top Ad

My Instagram