Lembaran Baruku : Bagaimana memilih warna rambut yang tepat?


 Halo semuanya! 
Beberapa tahun yang lalu aku pernah melakukan hair coloring, tapi sayangnya karena kurangnya pengetahuanku sebelum mewarni rambut akhirnya berakhir dengan disaster! warna rambutku aneh, membuat wajahku kusam. Rasanya putus asa banget waktu itu, apalagi tipe rambutku yang kering & tipis makin memperburuk keadaan. Hal ini jadi membuatku paling malas merawat kesehatan rambut, padahal kan rambut itu mahkotanya wanita.




Mengenang warna rambutku yang absurd...
Waktu itu aku memilih warna Copper tanpa melihat dulu warna kulitku, apakah cool tone, warm tool atau neutral. Akhirnya bukannya tambah cantik, warna kulitku jadi terlihat kusam & menggelap. Aku ngerasa banget ketika setelah bermakeup wajahku jadi kurang segar, tanpa babibu akhirnya aku mengecat lagi hitam rambutku. 


Sebenarnya mudah banget untuk mengetahui apakah warna rambut kita nanti akan cocok, seperti yang aku tulis di atas, kita bisa mengetahuinya dengan mengetahui warna kulit kita apakah cool tonewarm tool atau neutral.
  • Cool Tone : Tipe kulit yang sedikit menggelap atau tidak berubah setelah terpapar sinar matahari. Tipe cool tone bisa dilihat dari urat nadi yang kebiruan dan warna mata cokelat tua, hitam kecoklatan, abu-abu kebiruan, biru gelap, hazel keabu-abuan.
  • Warm tone : Ini adalah tipe kulitku yang mudah sekali menggelap setelah terpapar sinar matahari. Warm tone memiliki warna kulit kecoklatan/sawo matang serta dapat dilihat dari urat nadi yang berwarna berwarna kehijauan & warna mata antara cokelat keemasan, hijau, hijau kebiru-biruan, hazel dengan flek keemasan atau kecokelatan. 
  • Neutral tone : Buat yang memiliki tipe warna kulit netral sangat beruntung banget karena warna apapun akan cocok di kulit mereka. Neutral tone memiliki warna kulit tidak cenderung cool tone maupun warm tone, jadi berada di tengah-tengah.
Setelah mengetahu tipe warna kulit kita, saatnya memilih warna rambut yang tepat. Nah untuk yang memiliki tipe kulit warm tone seperti aku sangat disarankan memilih warna-warna kemerahan/keungguan karena akan membuat warna kulit kita terlihat lebih cerah. Warna seperti coklat muda, copper, ash brown sebaiknya dihindari karena kurang cocok & membuat penampilan kita terlihat dull. Kalau dulu alasanku memilih warna copper karena ingin meniru artis-artis korea yang kebanyakan memilik warna rambut coklat terang, padahal jelas-jelas mereka memiliki jenis warna kulit cool tone.

Rihanna & Selena Gomez yang terlihat lebih bersinar dengan warna rambut kemerahan.

Kalian juga bisa mencoba varian ombre hair perpaduan warna coklat gelap dengan kemerahan, tapi tetap harus hati-hati karena ombre hair biasanya melewati tahap bleaching yang dapat membuat rambut menjadi sangat kering.

Dian Satrowardoyo salah satu contoh yang memilih warna rambut dengan tepat, dia yang biasanya kita kenal memiliki warna rambut hitam alami akhirnya merubah warna rambutnya menjadi Mahogany Copper Brown karena warna kulit dia termasuk neutral tone. Dian mewarnai rambutnya dengan produk L’Oréal Paris Excellence seri 4.45 & dengan potongan rambut yang tepat membuat wajahnya makin bersinar.


Kebetulan aku sendiri juga ingin sekali merubah nasib rambutku yang tidak beraturan ini dengan mencoba mewarnainya dengan L’Oréal Paris Excellence Fashion seri 5.62 Intense Violet Brown. Aku memilih warna ini karena hasil akhirnya adalah warna coklat gelap kemerahan yang cocok banget dengan kulit warm tone.



Apakah L’Oréal Paris Excellence dapat merubahku menjadi secantik Dian Sastro? tunggu kelanjutannya di postinganku berikutnya ya!


4 komentar:

  1. Hahahaha salah warna rambut juga bisa bikin kulit terlihat kusam ya... Aku pingin banget ngeblonde rambut, tapi nyokap selalu bilang, "yakin? kau di blonde, lalu gak dandan, udah macam orang kampung tau gak sih? udah sono berkutat sama wigmu aja"

    Syedih rasanya hati ini T^T

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. wah soal pewarnaan rambut ak gabisa :3 sampai sekarang masih item aja nih rambut hho

    BalasHapus
  3. dulu aku juga pernah pewarnaan seperti itu, tapi sekarang udah rusak kayak gini. Jadinya di warnain hitam alami deh

    BalasHapus
  4. Awalnya rambut gua warnai golden brown tuh, terus gua mulai bosen tuh dengan rambut berwarna, lalugua warnai hitam nih,terus belom lama gitu malah rambut gua berubah sendiri jadi warna merah gitu, terus akhirnya gua mutusin buat ngasih warna violet brown,dan hasilnya wow banget di gua��, #sedikitCurhat

    BalasHapus