Post Top Ad

Berkunjung ke kota ke tujuh terbesar di Jepang, Fukuoka!

sumber gambar : http://www.lovemeow.com
Kalau denger kata Fukuoka (福岡市), apa yang terlintas dipikiranku adalah kucing! Ya, selain kota Tokyo yang ingin aku kunjungi karena wisata belanja ataupun winter trip melalui jalur kereta Shinkansen, kota lain yang menarik buatku adalah Fukuoka. Sebagai pencinta kucing sejati, aku memang punya impian kecil bisa berkunjung ke pulau Ainoshima di Fukuoka, selain ke surga kucing lainnya yaitu pulau Tashirojima di Perfektur Miyagi. Walau baru-baru ini perfektur di sebelah Fukuoka yaitu Kumamoto di landa gempa bumi dan sedikit menyebabkan kerusakan juga di Fukuoka, tapi untungnya pemerintah Jepang lekas berbenah & musim panas ini sudah bisa kita kunjungi.

Secara geografis, kota Fukuoka memang cukup jauh dari ibu kota negara Jepang, makanya masih banyak yang belum tahu tempat wisata apa saja yang bisa kita kunjungi untuk liburan. Padahal, selain pulau kucing yang aku sebutkan diatas, masih banyak banget berbagai obyek wisata yang seru & cuma akan kamu temukan di Fukuoka, mau tahu apa saja? baca terus ya!

sumber gambar : http://travel.rakuten.co.jp

Fukuoka sendiri terletak pesisir utara Pulau Kyushu, pulau terbesar ke 3 di Jepang yang terletak paling selatan Jepang. Fukuoka juga sering di sebut Port of Dazaifu (大宰府) dan memiliki luas 340.03 kmdengan jumlah populasi sekitar 1,483,052 penduduk (per tahun 2012). 

Lambang perfektur Fukuoka 


Dalam sejarahnya, Fukuoka pernah diserang oleh tentara Kublai Khan dari tentara Mongolia. Namun begitu akhirnya Fukuoka berhasil diselamatkan dengan bantuan angin topan. Dari situlah sejarah kalimat Kamikaze (神風)/Angin Dewa berasal.

sumber gambar : http://en.benefukuoka.com

Pada tahun 2008,  Fukuoka terpilih menjadi salah satu kota yang mendapat predikat kota terbersih, teraman & ternyaman ke 17 dari Top 25 kota layak huni. Pusat perkotaan & wisata sendiri terletak di distrik Hakata yang terkenal sebagai surganya "tempat yang dipenuhi oleh kuil bersejarah” yang belum banyak di ketahui oleh wisatawan
Enggak lengap rasanya kalau sudah tahu sejarah Fukuoka kalau gak berkunjung ke tempat wisatanya. Aku yang awalnya cuma tahu pulau Ainoshima sekarang malah tertarik berkunjng ke lokasi lainnya di sana. Karena saat ini kita memasuki bulan Juni, maka di Jepang sedang menyambut musim panas yang mana wisata & festival di Fukuoka sedang banyak dilaksanakan. 

sumber gambar : http://www.japan-guide.com

Menyambut musim panas, Fukuoka punya festival tersendiri yang sangat meriah yaitu Hakata Gion Yamakasa (博多祇園山笠) di awal musim panas yaitu tanggal 1-15 Juni setiap tahunnya. Yang paling menarik adalah arak-arakan Yamakasa (ogong-ogong) raksasa yang mewakili tiap distrik di Hakata. Festival ini merupakan budaya turun-temurun sejak dulu untuk menyambut datangnya musim panas.

sumber gambar : https://yokanavi.com

Arak-arakan ini biasa di mulai sejak pukul 05.00 pagi dan berpusat di Kuil Kushida di Gionmachi. Untuk menonton festival ini, kita tidak dipungut biaya sedikitpun. Uniknya, festival ini hanya di boleh diikuti oleh para pria di Hakata, walaupun begitu para perempuan juga banyak membantu dengan menyiapkan perlengkapan ataupun makanan untuk para peserta festival.

sumber gambar : http://www.nippon.com

Setiap yamaksa yang dibuat sendiri ketinggiannya sendiri bisa mencapai 10 meter! fiuh, gak kebayang kan bagaimana serunya mengarak Yamakasa ini? Yamakasa terbesar ada di Kuil Kushida & menjadi pusat dari festival ini.

sumber gambar : http://mcha-id.com
Kuil Kushida

sumber gambar : http://blog.gaijinpot.com

Pulau Nokonoshima (のこのしまアイランドパーク) berjarak 10 menit dari pusat kota Hakata dengan mengendarai kapal feri & mudah juga di jangkau juga dari Tenjin. Disini, kita bisa menikmati kemping dengan pemandangan alam yang masih bersih & segar. Kita bisa menikmati hamparan tanaman bunga ataupun barbaque bersama keluarga. Untuk bulan Agustus, bunga matahari sedang bermekaran di pulau ini.


sumber gambar : http://nokonoshima.com

Rute :
Dari stasiun Hakata,  ambil rute no. 9, 11, 300, 301 or 302 dan turun di Nokonoshima Tosenba.


sumber gambar: http://www.att-japan.net

Saat musim panas saat yang tepat berkunjung ke Uminonakamichi Seaside Park karena saat musim panas selalu digelar festival bunga yang meriah. Selain melihat taman bunga, ada juga kebun binatang mini, kolam renang & masih banyak lagi. 

sumber gambar : https://yokanavi.com


sumber gambar : http://www.japan-guide.com

Tidak jauh dari situ lebih persisnya sebrang Uminonakamichi Seaside Park, kita bisa menemukan Marine World Uminonakamichi yang merupakan wisata aquatic terbesar di pulau Kyushu. Saat musim panas selalu diadakan pertunjukan singa laut & lumba-lumba di stadion air dengan ukuran 7 meter. Lebih hebat lagi karena aquariumnya yang langsung memperlihatkan pemandangan ke Pantai Hakata membuat pertunjukan menjadi lebih spektakuler.

sumber gambar : http://japanphototrip.com

Rute :
Dari stasiun Hakata, ambil rute JR Kagoshima dan turun di stasiun Kashii, lalu transfer ke JR Kashii, rute ini akan memakan waktu 20 menit untuk sampai ke stasiun Uminokamichi



Buat yang kalau berwisata & gak bisa melewatkan pengalaman berbelanja, di Fukuoka ada sebuah pusat perbelanjaan yang menarik yaitu Canal City Hakata. Terletak dipusat kota Hakata, Canal City menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang gak hanya menawarkan wisata belanja, tapi juga wisata seni & pertunjukan.

sumber gambar :  http://tlsbe.org

Di Canal City ada panggung terbuka yang cukup unik, disini sering diselenggarakan pertunjukan musik & air mancur yang spektakuler. Selain itu, tersedia juga kanal/sungai buatan untuk kita susuri sepanjang mengelilingi mall ini.

sumber gambar : http://www.talonjapan.com

Didalam Canal City ada juga Ramen Stadiun yaitu sebuah lokasi di lantai atas Canal City Hakata yang menyediakan berbagai jenis ramen untuk di cobain.

alamat :  
Sumiyoshi 1-chome 2,Hakata-ku,Fukuoka,Prefektur Fukuoka


Taman Ohori sebenarnya adalah bekas parit di sekitar benteng Fukuoka, yang didirikan oleh Kuroda Nagamasa di tahun 1601. Kemudian pada tahun 1927 diperbaiki dan kembali di buka 2 tahun kemudian. Total luasnya adalah 398.000 meter persegi, dan sekitar 226.000 meter persegi yang terisi dengan air.


Di taman ini, kita bisa bersantai, jogging, ataupun mengunjungi beberapa lokasi wisata di sekitar Taman Ohori seperti Musium Seni Fukuoka & cafe Boathouse Ohori Park. 

Pada musim panas lebih tepatnya bulan agustus selalu di selengarakan Festival Kembang api, tidak tanggung-tanggung sebanyak 6000 buah kembang api dipersiapkan setiap tahunnya.

Rute :
dengan kereta, gunakan Jalur kereta bawah tanah kota menuju ke stasiun Taman Ohori


Yang terakhir, kali ini aku akan membahas tidak lain tidak bukan surga kucing yaitu Pulau Ainoshima. Untuk mencapai pulau ini, kita harus menyebrang menggunakan kapal feri dari dermaga Shingu.

Buat penggemar kucing hardcore kayak aku, pulau ini memang surganya karna banyak terisi kucing liar yang bebas berkeliaran di sana. Sayangnya dari yang aku baca kondisi di sana memang cukup memprihatinkan mengingat populasi kucing bertambah tapi tidak di ikuti dengan pertambahan penduduk yang mengakibatkan kurangnya pasokan makanan untuk kucing di sana.

rute :
dari dermaga Shingu, naik kapal feri ke Pulau Ainoshima dengan biaya ¥ 460 per sekali berangkat



Selain menggunakan rute bis, untuk berkeliling Fukuoka kita juga bisa menggunakan transportasi subway ke seluruh pelosok Fukuoka. Rutenya juga sudah ditulis dengan huruf alphabet jadi gak perlu takut nyasar. Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa mendownload rute subway di sini
Kota Fukuoka menyediakan berbagai jenis makanan khas seperti olahan daging babi. Namun bagi yang tidak mengkosumsi babi, kita masih bisa mencoba ramen & yakitori yang tersebar di seluruh penghujung kota.


Motsu Nabe merupakan varian ramen yang di masak bukan di panci tanah liat melainkan di panci stainless. Terdiri dari berbagai jeroan sapi atau babi & di masak dengan berbagai jenis sayuran. Menu ini merupakan menu lokal asli Fukuoka & kini sudah terkenal ke seluruh pelosok Jepang.


Hakata ramen merupakan ramen yang kuahnya terbuat dari kaldu babi & susu sehingga rasanya terasa gurih. Kaldu babi didapatkan dari merebus tulang babi. 

Selain varian ramen, kita juga bisa mengunjungi Yatai atau gerobak makanan di sepanjang  area Nagahama-Tenjin-Nakasu-Hakata setiap malamnya. Disini kita bisa mencoba makanan seperti Yakitori atau Tempura & berbagai ramen sambil berbincang-bincang dengan teman.


Dari tadi kita sudah membahas berbagai tempat wisata di Fukuoka, kini aku akan membahas bagaimana kita bisa sampai ke Fukuoka bersama H.I.S


Jadi H.I.S merupakan travel agent yang bukan hanya bergerak di perjalanan domestik melainkan juga perjalanan Internasion seperti Jepang, Macau, Dubai bahkan sampai ibdah Umroh di Mekkah.

Selain itu H.I.S juga menyediakan paket HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. Untuk menunjang wisata ke Jepang, HAnavi menyediakan paket transportasi Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH ke berbagai pelosok Jepang seperti Fukuoka, Okinawa, Hiroshima, Nagoya, Sapporo dan berangkat dari Tokyo maupun Osaka.
Keunggulan dari paket wisata  HAnavi adalah :
1. Hemat waktu karena semua perjalanan menggunakan rute pesawat ANA
2. Paket penerbangan domestik sudah termasuk dengan hotel sehingga lebih menghemat biaya, apalagi ada tambahan diskon besar-besaran!
3. Terdapat berbagai kombinasi pilihan tiket & hotel sesuai dengan keinginan kamu


Untuk mengetahui tentang H.I.S kalian bisa kunjungi :
Situs resmi : http://his-travel.co.id/
Fanpage : https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

Bagaimana? apakah kalian tertarik juga berkunjung ke Jepang khususnya Fukuoka? Semoga nanti kita bisa bertemu di Jepang juga ya ^^



sumber tulisan :
- https://en.wikipedia.org/wiki/Fukuoka
- http://mcha-id.com/13427
- http://www.japantimeline.jp/id/fukuoka
- http://www.city.fukuoka.lg.jp/
- http://www.japan-tour.jp/id/fukuoka
- https://indonesia.fun-japan.jp






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

My Instagram