Post Top Ad

Kenapa harus mencintai kosmetik lokal? ft Face2Face

Hai semuanya!
Kayaknya sudah gak terhitung sering sekali aku mendengar orang lain, terutama orang yang lebih tua berkata kepadaku  :

"kamu boros banget beli makeup terus?"




Padahal, mereka gak tau aja kalau aku suka sekali membeli makeup buatan dari produsen lokal alias Made in Indonesia. Pada awalnya blog ini muncul juga karena ketertarikanku dengan kosmetik lokal dengan harga yang terjangkau, maklum waktu itu statusku masih mahasiswa dan pengennya serba "ngirit". Dan di luar sana perkembangan makeup di Indonesia sangat cepat lho! Sejak blog ini pertama kali aku tulis tahun 2012, sudah tidak terhitung berapa banyak brand makeup lokal mulai bermunculan. 

Tapi selain itu, banyak juga bertebaran makeup-makeup palsu alias KW buatan China yang kayaknya gak bisa dibendung lagi kehadirannya di Indonesia. Kalau kalian pecinta makeup pasti sering banget menemukan brand MAC, Urban Decay, Naked, Benefit, Kylie yang di jual dengan harga dibawah Rp. 100.000. Padahal, merk di atas merupakan brand High End & gak pernah menjual makeup di bawah $10! Sudah jelas banget kalau mereka menjual dengan harga murah dan sudah dipastikan itu pasti makeup abal-abal.

MAC tidak pernah mengeluarkan eyeshadow palette sebanyak ini

Kalau kalian mau tahu, kenapa mereka bisa menjual dengan harga murah, karena biasanya mereka memproduksi secara rumahan & quality control nya tidak bisa dipastikan. Selain itu, biasanya bahan-bahan yang tertera dikemasan dengan yang digunakan bisa berbeda & tidak ada jaminan kesehatannya. Terlebih lagi kebersihan saat pembuatannya, halooo itu makeup kita templokin ke muka lho~

Pabrik makeup rumahan di China

Nah, daripada kita tergiur dengan makeup yang kita tidak tahu asal-usulnya, lebih baik kita melirik produsen makeup lokal lho. Banyak sekali keuntungan kalau kita mau mencoba makeup lokal yaitu :

1. Produsennya jelas 
Biasanya setiap makeup & skincare lokal yang kita beli selalu mencantumkan keterangan yang jelas, baik produsen sampai distributornya tertulis jelas di kemasan.

2. Mudah di dapat
Kosmetik lokal lebih mudah didapat, seperti di toko kosmetik tradisional, pasar, gerai bahkan sampai mall. Tapi kita harus tetap jeli memilihnya karena bisa saja di toko tersebut sama-sama menjual kosmetik KW dari China.

3. Biasanya sudah berBPOM & bersetifikat Halal
Yang paling sering aku perhatikan sebelum membeli makeup adalah kejelasan dari produk tersebut, apakah sudah memiliki nomer BPOM & juga sudah mendapatkan logo Halal. Tentunya ini untuk menjamin apakah konsumen benar-benar mendapatkan kosmetik yang baik atau tidak. Kalian bisa cek status BPOM di sini.

4. Jenisnya semakin beragam
Beberapa tahun belakangan perkembangan kosmetik lokal cukup pesat & mengikuti selera pasar. Banyak sekali brand yang mengeluarkan jenis kosmetik baru seperti lip cream, air cushion, dll.

5. Harganya lebih terjangkau
Kosmetik lokal harganya lebih terjangkau karena tidak mengalami proses eksport-import, selain itu kita juga membantu perekonomian Indonesia dengan cara membeli kosmetik buatan lokal.



Salah satu brand makeup lokal yang patut kalian coba yaitu dari Face 2 Face  yang merupakan sister brand dari Dissy by Ussy keluaran PT. Azzahra Megah Pratama. Aku sendiri baru mencoba beberapa produk makeup mereka seperti lip cream, eyeliner, mascara & sunscreen.




Banyak banget yang penasaran dengan lip cream dari Face 2 Face, buktinya video ini sudah ditonton lebih dari 1000 kali :-)



Selain beberapa produk yang sudah aku review, Face 2 Face juga mengeluarkan kosmetik lain seperti peel off nail polish, lipstick, eyeshadow dan masih banyak lagi.

Salah satu inovasi Face 2 Face yaitu Peel Off Nail Polish


Kalian bisa mencari tahu lebih jauh tentang Face 2 Face di :
Playstore : F2F Cosmetics

Selain membantu perekonomian negara tercinta kita ini, kita juga gak perlu takut kantong kita jebol dengan membeli kosmetik lokal. Apalagi kometik lokal lebih mudah didapat & sudah terjamin BPOM.


So, masih ragu mencoba makeup lokal? gak ada salahnya lho mencoba & kalian pasti akan amaze sama kualitas makeup kita yang semakin hari semakin baik! Share sama aku tentang pengalaman kalian mencoba makeup lokal juga ya ^^




8 komentar:

  1. Brand lokal ngga kalah kok dengan brand luar, harganya lebih murah tetapi kualitas ngga murahan.

    BalasHapus
  2. Brand lokal emang ga semuanya bagus.. tapi buanyaaaak yang buaguuus.. malah produk luar ada yang kalah bagus kualitas nya kok.. bangga produk lokal :)

    hai-ariani.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya beberapa ahun terakhir banyak produk kosmpeti Indonesia yang bagus-bagus, kita dukung terus kosmetik Indonesia ^^

      Hapus
  3. brand lokal emang patut dibanggain, apalagi face2face. selalu suka sama produk mereka, anyway belom pernah coba eyelinernya hehe jadi penasaran


    www.jennitanuwijaya.com

    BalasHapus
  4. Niet FOTD kamu cantik banget.. !! aku penasaran sama product Face2Face ini, karena kemarin lihat di DAN+DAN baru avail product nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih ^^
      Iya beneran deh coba aja, apalagi harganya murah ^^

      Hapus

Post Top Ad

My Instagram