Selamat hari raya Idul Fitri 1433 H!

Hai apa kabar semua? siapa saja yang hari ini merayakan hari raya Idul Fitri? sudah bertemu dengan sanak saudara?. Hari ini adalah hari teristimewa untuk semua umat muslim seluruh jagat raya. Aku senang karena tahun ini segala jenis umat muslim bisa melaksanakannya bersama-sama, tidak seperti tahun sebelumnya yang biasanya berbeda 1 hari. Sebelumya aku ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1433 H, mohon maaf lahir & batin ya, semoga tahun ini akan menjadi berkah, segala amal ibadah 1 bulan sebelumnya diterima oleh Allah SWT.
Hari ini badanku rasanya kurang fit, karena saking senangnya menyambut lebaran aku jadi kurang tidur, hanya tidur 1 jam saja. Oh ya aku mau cerita sedikit kebiasaan anehku selama lebaran, jadi setelah mandi sebelum sholat Id, aku berusaha tidak memakai make-up apapun. Lotion pun tidak. Aku juga berusaha untuk tidak menyentuh siapapun, juga tidak makan & minum sebelum sholat (sebenarnya di sunnahkan untuk makan sebelum sholat Id). Biar rasanya khusyu gitu :-D
Berhubung rumahku sudah di desa *gak usah mudik ye* jadi acara lebaran hari pertama ya muter-muter keliling kampung saja. Perasaanku lebaran tahun ini cukup berkesan. Biasanya setelah sholat ada acara bersalam-salaman memutar seperti ular, dan tahun ini banyak sekali ibu-ibu yang menangis, karena tahun ini banyak sekali yang menjadi janda karena ditinggal suaminya ke alam baka. Apalagi ibuku disampingku menangis haru, biasanya sih aku jarang menangis lho. Ini tahun ke 4 aku merayakan lebaran tanpa bapak, karena sudah cukup lama ibu & bapaku berpisah.
Ini setelah sholat Id, jadi biasanya kami akan ke makam mbahku yang gak jauh dari rumah. Jadi ada waktu 15 menit untuk makan & berdandan *tetep ye* sebelum ke makam kemudian berkunjung ke rumah tetangga.
Make-up nya minimalis saja, itupun aku masih merasa to much karena kebanyakan orang di desaku tidak berdandan *seheboh* ini hehehe.
 Menu sederhana di rumah, untungnya tahun ini aku, ibu, kakak & adiku bisa berkumpul.
Saat di makam mbahku, yang disampingku itu budeku (kakaknya ibu) & laki-laki yang di foto itu kakak sepupuku.
Setelah dari makam tempat pertama yang wajib kami kunjungi adalah rumah Mbah Ju. Beliau termasuk generasi awal dari keluargaku. Ada tradisi makan opor di rumah beliau, tapi sayangnya aku gak sempet makan karena rame banget!. 
Mungkin sebagian dari kalian gak percaya, tapi keluarga besarku terkoordinir sampai 5 keturunan. Nama Bani ku adalah bani Sholeh di ambil dari nama kakeknya kakeku, dan bahkan sepertinya tahun ini sudah mencapai 7 turunan karena para cicit sudah memiliki cucut. Anggotanya sekitar 1000 orang lebih. Tapi sayangnya tiap pertemuan yang datang hanya sekitar 200-300 orang. Tiap tahun di hari ke 2 lebaran akan diadakan pertemuan di gedung STAIN Salatiga. Oh ya untuk yang baru menikah harus maju ke depan  mimbar dan bepidato loh *aku gak sabar menunggu saat itu*. Yang punya cucu baru juga harus mendata dan dimasukan ke dalam pohon keluarga yang selalu update tiap tahunnya. Pokonya keluargaku keluarga besar!, yang buka saudara tahu-tahu jadi saudara, yang awalnya kenal ternyata malah saudara sendiri (ini terjadi padaku karena ternyata kakak kelasku masih saudaraku sendiri & kami tahunya saat pertemuan keluarga hehehe)
Jadi bagaimana lebaranmu tahun ini? 


0 comments:

Posting Komentar